Wisata Pura Uluwatu Bali

July 31, 2018

Bali merupakan objek wisata yang sangat terkenal yang tak lepas dari budaya, kultur dan alamnya yang indah. Terdapat objek - objek wisata terkenal seperti Pura yang berlokasi di Bali Selatan yang sebagai tempat peribadatan bagi umat hindu dan mayoritas masyarakat pulau Bali. Berikut adalah informasi tentang objek wisata pura uluwatu bali

Pura Uluwatu

Pura uluwatu terletak di selatan Bali yang jaraknya sekitar 1 jam waktu perjalanan berkendara dari Ngurah Rai Airport. Pura Uluwatu memiliki daya tarik wisata yang menawarkan sejuta pesona yang tidak akan anda temukan di tempat lain yang memiliki asal usul yang diyakini oleh masyarakat Hindu Bali sebagai salah satu Pura Khayangan Jagat atau penyangga dari 9 mata angin Pulau Bali. Pura Uluwatu berada tepat diatas batu karang yang memiliki ketinggian 97 meter. Pura Uluwatu sangat disucikan dan di sakralkan yang menurut sejarah Pura di Bali awalnya digunakan sebagi tempat untuk memuja seorang pendeta suci dari abad ke 11 yang bernama Empu Kuturan.

Empu Kuturan adalah orang yang menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Empu Kuturan datang ke Bali pada tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan Moksa atau ngeluhur di tempat ini. Semenjak itulah nama Pura Uluwatu di beri nama Pura Luhur Uluwatu yang ternyata tak berdiri sendiri dan Pura ini mempunyai beberapa pura pesanakan atau pura yang terhubung dengan pura induk.

Pura Pesanakan Pura Luhur Uluwatu Bali antara lain Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing - masing pura tersebut memiliki hubungan yang erat dengan Pura Uluwatu khususnya hari - hari piodalan. Piodalan di Pura Luhur Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada selasa kliwon wuku Medangsia setiap 210 hari.

Pura Eksotis

Pura Uluwatu menawarkan sisi eksotisme dan romantis dengan pemandangan yang indah dan unik. Tidak hanya itu saja jika anda melihat ke arah pantai dan laut anda akan menyaksikan ombak yang besar dan samudera hindia seluas mata memandang. Ombaknya yang menghantam tebing memberikan sensasi yang luar biasa jika dilihat dari ketinggian tebing, Selain itu di Pura Uluwatu anda bisa menyaksikan panorama sunset dengan leluasa tanpa terhalang apapun. Gelombang yang tinggi dan berarus kuat menjadikan kawasan dekat pura uluwatu sering kali digunakan sebagai lokasi tempat untuk surfing. Event yang diselenggarakan tidak hanya skala kejuaran lokal dan nasional saja, disini juga diselenggarakan event kejuaraan selancar international.

Pertunjukkan Seni Tari Kecak

Daya tarik arsitektur dan sejarah pura uluwatu yang sangat eksotis menawarkan keelokan yang diiringi tari kecak yang merupakan sebuah seni tari khas Bali yang biasanya mengangkat cerita Ramayana. Pertunjukkan Kecak biasanya dimainkan dengan jumlah penari antara 50 hingga 100 penari yang dimainkan oleh kaum lelaki dengan busana kotak - kotak catur yang ciri khasnya adalah para penari duduk berbaris melingkar dan saling bersahutan berteriak menyebut kata “cak” sambil mengangkat kedua tangan. Kisah tersebut menggambarkan cerita Ramayana ketika melawan Rahwana dan dibantu oleh pasukan kera atau monyet.

Jadwal dan Harga Tiket Pementasan Tarian Kecak

Untuk menikmati tari kecak di pura uluwatu di alam terbuka yaitu tepat di atas tebing area Pura maka setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 100.000/orang diluar harga tiket masuk ke Pura Uluwatu Rp 35.000/orang Untuk parkir mobil di kenakan biaya Rp . 5000/mobil.

Fasilitas Wisata Pura Uluwatu

Selain indah dan mempesona, Pura Uluwatu juga menyediakan fasilitas kuliner seperti tempat makan dan sederhana seperti resto dan cafe yang menyajikan aneka menu kuliner berupa makanan atau minuman dengan harga yang bervariasi. Untuk anda yang ingin menginap disekitar kawasan Pura Uluwatu tersedia penginapan berbagai tipe mulai dari kelas Melati, Villa, Guest House, Home Stay hingga hotel berbintang.