Tempat Wisata Pura Taman Ayun Mengwi Bali

Pura Taman Ayun Mengwi adalah objek wisata budaya yang sangat populer sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh oleh kendaraan mobil ataupun motor. Pura Taman Ayun merupakan Pura Paibon atau Pedarman Raja Mengwi yang digunakan sebagai tempat memuja roh para leluhur dari raja - raja yang kita bisa lihat dengan adanya gedung Paibon dan Meru sebagai tempat memuja dan memohon kesejahteraan rakyat kerajaan Mengwi kepada para dewa.


Sejarah Pura Taman Ayun Bali


Pura Taman Ayun merupakan bukti peninggalan sejarah kerajaan Mengwi di Bali yang mempunyai sebutan tau nama lain yakni “Mangapura”, “Mangarajia”, dan “Kawiyapura” yang berdasarkan catatan sejarah Pura Taman Ayun dibangun pada tahun 1632 dan yang menariknya dari pembangunan Pura Taman Ayun ini dibangun oleh rekan dari Raja Mengwi yaitu seorang arsitek keturunan china yang berasal dari Banyuwangi Ing Kang Ghoew ( I Kaco ) yang dibangun selama 2 tahun dan berhasil diselesaikan pada tahun 1634 oleh Raja Mengwi yang pada saat itu memerintah yaitu Raja I Gusti Agung Putu. Pura Taman Ayun merupakan Pura keluarga khusus bagi kerajaan Mengwi yang dibangun karena Pura - Pura pada saat itu jaraknya sangat jauh untuk dijangkau oleh masyarakat Mengwi. Oleh sebab itu Raja Mengwi berinisiatif untuk membangun sebuah Pura yang digunakan sebagai tempat pemujaan yang lengkap dengan beberapa bangunan sebagai tempat penyawangan atau simbol dari 9 pura utama yang terdapat di pulau Dewata Bali.




Daya Tarik Pura Taman Ayun Bali


Pura Taman Ayun memiliki daya tarik yang menyimpan sejarah sebagai warisan UNESCO yang di tetapkan pada tahun 2012 karena arsitektur Taman Ayun ini begitu indah serta keagungan nilai sejarahnya serta nilai seni dan keunikan yang memiliki unsur magis dan tak heran banyak pengunjung datang untuk menyaksikan Pura Taman Ayun.



Pura di Bali Yang Eksotis dan Artistik


Pura Taman Ayun memiliki sejarah yang panjang yang perlu anda ketahui bahwa Pura ini sempat hancur pada gempa bumi dahsyat tahun 1917, Pura yang tampak indah seperti sekarang ini adalah hasil dari renovasi besar besaran yang di lakukan sejak awal 1937 dan tepat pada tahun 1949 dilakukan renovasi di Kori Agung, Gapura, Candi Bentar dan juga pembangunan pada area wantilan yang cukup luas.


Pada bangungan candi bentar tingginya mencapai 16 meter yang berada di halaman bagian dalam pura yang dibangun dengan arsitek jawa sementara untuk tugu candi kecil terlihat menyerupai tempat duduk dan batu berjulam 64 adalah tugu peninggalan leluhur di jaman megalitikum yang berfungsi sebagai tempat untuk mengenang ksatria yang gugur di medan perang pada saat itu.



Taman di Bali yang Sangat Indah


Perlu anda ketahui bahwa taman yang ada di Pura Taman Ayun ini memiliki pemandangan yang indah dan eksotis dan pesona keindahannya berasal dari areal kolam yang mengelilingi kompleks bangunan Pura Taman Ayun dan dari kejauhan akan terlihat seperti gelang air yang seolah olah bangunan Pura Taman Ayung berada di atas air dan sama persis ketika kita menikmati pemandangan pura di dekat Danau kembar Bali yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan.


Suasana yang nyaman akan dirasakan ketika kita berada di areal taman yang begitu menenangkan yang tampak tertata rapi dan indah. Taman Ayun memiliki luas 4 hektar dengan rincian 100 x 250 meter persegi yang dibagi dalam dua kawasan yaitu pelataran dan pelataran luar terdapat di sisi bagian luar kolam. Dan pada pelataran terbagi dalam 3 bagian areal yaitu pelataran pertama adalam pelataran dimana terdapat sebuah tempat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, panggung kesenian serta sebagai tempat untuk istirahat.


Di pelataran ini kita bisa menikmati keindahan pura, terutama Merunya yang menyerupai Pagoda seperti di Museum Bajra Sandi Renon Denpasar Bali. Pada pelataran kedua tempatnya lebih tinggi dari pelataran pertama, dimana areal ini dihiasi 9 relief yang memiliki seni ukir sebagai penjaga pura di setiap penjuru mata angin. Menurut keyakinan atau kepercayaan umat Hindu Bali, ke sembilan relif tersebut menyimbolkan kekuatan Dewata Nawa Sanga.


Pada pelataran ketiga adalah pelataran yang letaknya paling tinggi dimana terdapat pintu gelung di posisi tengahnya. Pintu ini akan di buka pada saat ritual upacara keagamaan seperti masuknya pretima arca juga perlengkapan upacara lainnya. Untuk pintu lainnya yang berada di samping kanan dan kirinya biasanya digunakan sebagai pintu masuk dan keluar.



Museum Manusia Yadnya


Daya tarik lainnya pada Pura Taman Ayun yaitu sebuah museum yang bernama museum Manusa Yadnya peninggalan Kerajaan Mengwi yang lokasinya tidak jauh dari pura yang berjarak 300 meter. Di dalam museum Manusa Yadnya kita bisa menyaksikan berbagai upacara yang menceritakan siklus hidup manusia dari awal kehidupan hingga kematian.



Harga Tiket Masuk Pura Taman Ayun dan Jam Buka


Untuk anda yang ingin berlibur ke Bali dan ingin mengunjungi Pura Taman Ayun akan dikenakan biaya masuk yang dibedakan menjadi dua yaitu tiket untuk wisatawan domestik dan tiket masuk turis asing atau mancanegara. Untuk tiket domestik dikenakan Rp. 10.000/orang dan Mancanegara Rp. 200.000/orang dan untuk biaya parkir tarif roda dua Rp. 2000/motor dan Parkir roda empat Rp 5000/mobil. Jam buka atau jam operasional Pura Taman Ayun setiap hari dan di buka 08.00 - 17.00 Wita.



Promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari rp. 299.000


Kami Baligetaway menawarkan promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari Rp. 299.000, Anda dapat menikmati liburan di Bali dengan akomodasi yang kami sediakan dan yang pasti kenyamanan menjadi prioritas utama serta fasilitas yang lengkap dari hotel hotel kami dan pelayanan yang maksimal. Untuk mendapatkan promo hotel murah di Bali anda silahkan daftar dan klik DISINI





Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

November 21, 2018
Objek Wisata Pantai Kelingking Nusa Penida
January 14, 2019
Omnia Day Club Uluwatu Bali
July 26, 2018
Pantai Padang – Padang Bali
October 3, 2018
Objek Wisata Pantai Blue Lagoon Bali
January 30, 2019
Sandy Bay Beach Club Bali Nusa Lembongan Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.