Taman Ujung Karangasem Bali

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Bali Barat yaitu Karangasem dimana Taman Ujung Karangasem Bali mempunyai julukan Taman Sukasada Karangasem Bali yang wajib kita kunjungi. Lokasinya berada Banjar Uug, Desa Tumbu. Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem Bali dan memiliki Jarak tempuh menggunakan kendaraan berjarak sekitar 80 kilometer selama 2 jam 6 menit dari lokasi tempat wisata Bali dekata Bandara Ngurah Rai.


Sejarah Taman Ujung Karangasem Bali


Taman Sukada atau turis asing sering menyebutnya dengan nama Taman Ujung Water Palace merupakan sebuah taman dimiliki oleh kerajaan Bali kuno yang dibangun oleh Raja Karangasem yaitu pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik dan memiliki gelar nama Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman yang dibangun sekitar tahun 1901 yang diberi nama awalnya adalah Kolam Dirah yang artinya sebagai tempat pembuangan dan yang menariknya kolam ini sebagai tempat pembuangan orang - orang yang menguasai ilmu hitam dan pada tahun 1909 raja Karangsem memerintahkan dua arsitektur berkebangsaan Belanda bernama Van Den Hentz dan Arsitek Tiongkok Loto Ang. Dan untuk membantu mengembangkan kolam dirah ini menjadi sebuah tempat peristirahatan raja dan keluarga Kerajaan Karangasem Bali dan juga sebagai lokasi bersemedi dan menjamu tamu kerajaan. Tidak hanya itu saja, proses pembangunan Taman Soekasada dibantu oleh artsitek orang Bali yang berasal dari kerajaan Karangasem. Proses pembangunan serta renovasi Taman Ujung Soekasada ini baru selesai di tahun 1921.



Renovasi Taman Ujung Karangasem Bali


Perlu anda ketahui bahwa awal dari pembangungan taman ujung soekasada di Karangasem Bali ini tidak seperti awal pembuatannya karena oleh berbagai kejadian sejarah yang menyertai kelangsungan akan bangunan taman bagi kerajaan Karangasem Bali. Terjadi kerusakan parah yang menimpa taman Ujung Karangasem Bali pada tahun 1963 dimana pada masa itu Gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung meletus sehingga mengakibatkan kondisi Taman Ujung Sukasada di biarkan begitu saja tanpa mendapatkan perawatan sebagai tempat bersejarah di Bali. Kemudian baru mendapatkan perhatian sekaligus pemugaran atau renovasi pada tahun 2000 oleh Puri Karangasem dan Pemerintah Kabupaten Karangasem Bali.



Daya Tarik Taman Ujung


Taman ujung mempunya daya tarik wisata yang sangat instragramable dan populer sebagai tempat foto prewedding yang menyuguhi keindahan kolam dengan tatanan yang rapi dan arsitektur yang unik, terdapat anak tangga untuk naik menuju lokasi dan atasnya yang terdapat pilar tanpa atap untuk melihat pesona keindahan pemandangan yang indah. Jika kita melihat kearah tenggara, akan disuguhi pemandangan hamparan laut yang berwarna biru dan jika melihat kearah timur maka kita akan disuguhi pemandangan yang unik dan indah serta keunikan arsitektur Taman Soekasada yang terlihat artistik. Jika kita melihat kearah timur bagian atas, makan anda akan menyaksikan keindahan alam bukit hijau yang bernama Bukit Bisbis. Arsitektur Taman Ujung yang adalah tempat peristirahatan Raja Karangasem ini merupakan paduan antara arsitektur bergaya eropa dan Bali, terdapat kaca - kaca warna - warni yang mejadi karakteryang identuk dengan arsitektur yang biasa kita lihat di gereja - gereja yang ada di eropa saat ini. Dan uniknya lagi jika kita berada di dalam ruangan kamar peristirahatan raja, maka kita bisa melihat kolam bunga Tujung atau Lotus dari balik jendela.



Tiket Masuk Taman Ujung Karangasem


Bagi anda pengunjung yang membawa camera DSLR untuk tujuan berfoto maka akan dikenakan biaya harga tiket sebesar Rp 50.000. Untuk waktu operasional tempat wisata Taman Ujung Karangasem ini adalah setiap hari hingga sabtu mulai jam 08.000 - 17.00 Wita. Bagi setiap pengunjung yang ini masuk ke area Taman Ujung Karangasem akan dikenakan biaya tiket masuk:
Dewasa/Anak : Rp 10.000/orang
Foto Prewedding : Rp. 600.000/orang
Bawa Kamera DSLR : Rp 50.000
Parkir Mobil : Rp 5000
Parkir Motor : Rp 2000



Rute dan Fasilitas Menuju Taman Ujung di Tumbu Karangasem Bali


Untuk menuju kelokasi Taman Ujung Karangasem untuk sementara ini hanya bisa dicapai oleh transportasi pribadi dan jika belum memiliki kendaraan sendiri anda dapat menyewa atau menggunakan jasa rental mobil yang tarifnya murah. Anda dapat menggunakan Waze atau Google Map untuk melihat rutenya. Jika anda ingin menginap di area sekitar taman ujung terdapat hotel terbaik, bagus dan murah seperti Gumi Bali Villa, Taman Ujung Resort and Spa, Aashaya Jasri Resort yang rata - rata tarifnya disekitar 600.000 hingga 700.000



Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

March 26, 2019
Hotel Seminyak Garden: Akomodasi Keren Untuk Keluarga
August 28, 2018
6 Bukit di Bali yang Hits dan Instagramable
March 11, 2019
Favehotel Kuta Kartika Plaza: Hotel Strategis dan Nyaman Dekat Pantai Kuta
February 11, 2019
Objek Wisata Air Terjun Banyumala Bali
September 12, 2018
Wisata Pantai Jerman Tuban Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.