Penasaran Liburan Nyepi di Bali Gimana? Ini dia Tipsnya

Sebentar lagi umat Hindu di Bali akan merayakan hari suci yang disebut Hari Raya Nyepi. Hari raya ini cukup unik karena hari raya yang biasanya dirayakan secara meriah tapi ini justru malah sebaliknya. Berdasarkan penanggalan/ kalender Saka, hari raya Nyepi adalah Tahun Baru umat Hindu yang jatuh pada hari Kamis, 7 Maret 2019 Masehi. Saat perayaan nyepi seluruh umat Hindu di Bali akan menjalankan Upacara Catur Brata Penyepian yaitu Amati Karya yang artinya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Geni (tidak menyalakan api) dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Semua kegiatan tersebut dilakukan mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 06:00 keesokan hari nya.

Tujuan dari Hari Raya Nyepi adalah memohon kepada Tuhan YME atau Ida Sanghyang Widhi Wasa untuk mensucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). Dua sampai tiga hari sebelum nyepi umat Hindu melakukan penyucian dengan melaksanakan upacara Melasti. Pada hari tersebut, semua sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) akan diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau dipercaya merupakan sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) yang ada di dalam diri manusia dan alam.

5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

 

Berikut seluruh rangkaian prosesi upacara Hari Raya Nyepi :

1. Upacara Melasti, Mekiyis dan Melis


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Melasti adalah serangkaian tradisi Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu dua atau tiga hari sebelum hari raya Nyepi. Melasti berasal dari kata Mala dan Asti yang berarti menghilangkan segala hal yang tidak baik menjadi sebuah kebaikan, keheningan serta keharmonisan alam semesta.

Prosesi ini biasanya dilakukan oleh umat Hindu dengan cara bersama-sama mengarak Ida Bhatara (Tuhan) ke pantai untuk disucikan sekaligus menyucikan diri dan pikiran.

 

2. Ngaturan Bhakti/ Pemujaan


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Setelah melakukan prosesi Melasti, umat Hindu akan kembali ke Balai Agung atau Pura Desa di setiap desa pakraman. Prosesi Ngaturan Bhakti adalah prosesi dialog spiritual atau berdoa antara manusia dengan alam dan Tuhan YME serta para leluhur yang telah disucikan

 

3. Upacara Tawur Agung/ Tawur Kesanga


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Sehari sebelum hari raya Nyepi, ada upacara pecaruan (Yadnya/ Pengorbana) atau biasa disebut tawur kesanga. Prosesi ini dilakukan pada saat tilem sasih kesanga atau kesembilan dalam perhitungan sasih Hindu. Pelaksanaan ini dilakukan pada pagi hari atau siang hari dengan tujuan menjaga keseimbangan dan diharapkan dapat memberikan kedamaian, kesejahteraan dan kerahayuan jagat serta membebaskan alam semesta dari bhuta kala dan malapetaka.

 

3. Pengerupukan


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Pengerupukan atau yang lebih dikenal dengan pengarakan Ogoh-Ogoh yang biasa dilakukan oleh anak-anak muda dengan membawa obor dan mengarak Ogoh-Ogoh keliling kampung dengan diiringi oleh bunyi-bunyian gamelan serta teriakan-teriakan semakin menambah kemeriahan dari prosesi ini. Ogoh-ogoh di simbolkan sebagai bhuta kala yang akan di tarik-tarik atau diputar-putar yang kemudian akan dihancurkan dan dibakar dengan tujuan menghilangkan semua yang jahat yang ada di diri manusia dan sekitarnya.

 

4. Catur Brata Penyepian


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Hari Raya Nyepi selama 24 jam dimulai dari pukul 06:00 sampai pukul 06:00 keesokan harinya, dimana umat Hindu melakukan Catur Brata Penyepian dengan tidak melakukan 4 hal yang dipantang selama prosesi ini berlangsung. Pertama adalah Amati Geni yang artinya tidak boleh menyalakan api termasuk menyalakan lampu. Selama prosesi ini Bali akan gelap gulita pada saat malam hari.

Kedua Amati Karya, yaitu larangan untuk tidak melakukan pekerjaan apapun baik di dalam rumah maupun diluar rumah, termasuk makan dan minum. Ketiga Amati Lelungan, yaitu larangan untuk bepergian atau keluar rumah. Hal ini dimaksudkan untuk setiap manusia merenungi kesalahan-kesalahan dan memperbaiki diri dan mempererat hubungan dengan keluarga. Dan yang terakhir adalah Amara Lelanguan, yaitu larangan bersenang-senang dengan tidak melakukan kegiatan seperti menonton tv, bermain game atau kegiatan lain yang menimbulkan kegaduhan. Maksudnya adalah dimana manusia mengheningkan diri serta menjernihkan pikiran dan jiwa dari pikiran jahat dan hal-hal yang tidak baik.

 

5. Ngembak Geni


5 Cara Menyusun Rencana Liburan Anda

Setelah prosesi Catur Brata Penyepian keesokan hari nya umat Hindu akan melakukan upacara Gembak Geni, dimana manusia sudah bisa melakukan aktifitas seperti biasa nya seperti menyalakan api atau lampu dan keluar rumah. Hakikat nya Ngembak geni adalah acara untuk bersilaturahmi mulai dari Mesima Krama (lingkungan keluarga), tetangga, serta Dharma Santi atau yang lebih luas, dan selain itu sebagai bentuk permohonan maaf atas segala kesalahan serta merenungkan diri selama Catur Brata Penyepian berlangsung.

Ada yang menarik di hari Ngambak Geni ini. Sebuah tradisi yang sudah berlangsung turun temurun yang paling dinantikan oleh para pemuda dan pemudi di Bali yang. Tradisi ini dinamakan Omed-Omedan (ciuman massal). Tradisi ini dilakukan oleh para pemuda dan pemudi yang belum menikah, dimana tradisi ini dimulai dengan prosesi sembahyang dan setelah itu pada pemuda dan pemudi ini di bagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok laki-laki dan kelompok perempuan yang saling berhadap-hadapan. Setelah itu aba-aba diberikan dan kedua kelompok ini akan saling berpelukan dan berciuman serta disiram air oleh masyarakat.

Seru bukan, jadi tunggu apa lagi langsung pesan tiket pesawat ke bali dan reservasi hotel (Baca juga: Promo Menginap Murah di Grand Zuri Kuta cuma 399rb untuk 3 Malam) dan rasakan pengalaman liburan terbaik anda ke Bali pada saat Hari Raya Nyepi. Tapi ingat, bagi kalian para traveller yang ingin berlibur ketika Hari Raya Nyepi, hendak nya memperhatikan beberapa hal yang harus dipatuhi. Berikut kami berikan kepada Anda Tips untuk berlibur ke Bali untuk merayakan Hari Raya Nyepi :

 

1. Pesan Tiket Pesawat Sebelum Atau Sesudah Nyepi


Pada saat hari raya Nyepi seluruh aktifitas dan pelayanan umum seperti bandara maupun pelabuhan dan terminal akan tutup. Jadi usahakan Anda jangan sampau terjebak karena salah tanggal dalam membeli tiket pesawat. Ketika Anda sampai d bandara pada saat H-1 malam hari, biasanya transportasi menuju hotel sudah sangat sulit di dapat karena orang-orang sudah mulai mempersiapkan acara Nyepi esok hari sehingga dengan terpaksa Anda akan tinggal di bandara sampai Prosesi Nyepi selesai.

Tetapi biasanya baik itu maskapai ataupun travel agent sudah menandai tanggal libur Nyepi tidak akan menjual tiket untuk keberangkatan H-1 atau H+1.

 

2. Tidak Bepergian Atau Keluar Keluar Dari Penginapan


Saat Nyepi Anda dilarang untuk keluar dari hotel atau penginapan. Anda hanya diperbolehkan berjalan-jalan di dalam area Hotel saja. Penting untuk diingat, jika Anda tetap bepergian atau keluar dari area hotel atau penginapan, maka Anda akan diamankan oleh pecalang (polisi adat) yang berpatroli dan mengamankan jalannya upacara Nyepi tersebut.

 

3. Tidak Berisik Selama Nyepi


Selama Nyepi dilarang untuk menimbulkan suara suara karena pada saat nyepi ada larangan Amarta Lelaungan (dilarang bersenang-senang). Jadi untuk menghormati umat Hindu yang sedang melakukan upacara Nyepi alangkah baiknya kita menonton tv atau mendengarkan lagu di dalam hotel atau penginapan dengan suara yang kecil.

 

4 .Tidak Menyalakan Lampu


Dalam upacara Nyepi, ada larangan untuk tidak menyalakan api termasuk lampu yang disebut Amati Geni. Jadi kami menyarankan kepada para traveler untuk tidak menyalakan lampu balkon selama upacara nyepi ini berlangsung ya. Tapi untuk didalam kamar hotel masih diperbolehkan tapi usahakan tirai kamar anda tertutup rapat sehingga tidak ada cahaya yang keluar. Untuk para tamu hotel yang ingin berjalan-jalan di sekitar area hotel, pihak hotel biasanya menyediakan senter.

 

5. Persiapkan Perbekalan Selama Nyepi


Bagi para traveler yang tinggal di penginapan, usahakan menyiapkan perbekalan untuk persiapan upacara Nyepi mulai dari makanan, minuman, cemilan serta obat-obatan. Karena selama upacara Nyepi seluruh toko, warung dan restoran akan tutup.

 

6. Layanan Emergency


Untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan pertolongan dokter, harap menghubungi pihak hotel atau telepon no darurat. Mobil ambulan rumah sakit akan segera menjemput Anda, karena hanya mobil ambulan saja yang diperbolehkan bepergian selama Nyepi.

 

7. Taburan Bintang Saat Malam Nyepi


Ketika Upacara Nyepi berlangsung seluruh lampu-lampu di seluruh Bali akan mati sehingga Anda dapat melihat bintang-bintang yang bertaburan dilangit dengan sangat jelas dan indah. Tapi ingat, Anda hanya diperbolehkan melihat dari rooftop hotel atau area hotel saja ya.

 

8. Gunakan Pakaian Sopan Saat Prosesi Upacara


Selama Anda mengikuti prosesi upacara, sebaiknya anda berlaku sopan dan tidak mengganggu kekhusukan dan gunakan pakaian yang sopan dan akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan pakaian adat bali. Perlu untuk diingat dan diperhatikan, jangan lah anda melangkahi sesajen yang sudah atau baru saja dihaturkan atau di doakan.

Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

December 15, 2018
Pura Tirta Sudamala Bangli
September 10, 2018
Objek Wisata Pantai Echo Beach atau Pantai Mejan
August 8, 2018
10 Tempat Prewedding di Bali
August 9, 2018
Objek Wisata Pura Tanah Lot Bali
August 7, 2018
Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.