Objek Wisata Unik Desa Trunyan Bali

Tempat wisata yang unik dan menarik di Bali yang letaknya di kawasan Kintamani yaitu Desa Trunyan Bali. Tempat wisata kuburan yang memiliki latar belakang sejarah membuat tempat atau desa ini sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara yang penasaran dengan adat istiadat Bali lebih khusus di Desa Trunyan Bali.

Daya Tarik Wisata di Desa Terunyan Kintamani Bali


Desa Truyan terletak disebuah desa administratif yang berada di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli yang menawarkan keindahan alamnya yang sungguh mempesona serta sisi eksotisme adat serta budaya, tradisi pulau dewata yang menjadi daya tarik tersendiri.




Tempat Pemakaman di Bali Yang Unik


Nama Desa Terunyan memang memiliki arti sebagai tempat pemakaman di Bali yang lokasinya berada di desa Trunyan Bali, saat anda berkunjung di Desa Terunyan anda tidak akan melihat mayat yang dimasukan ke peti atau di bungkus, melainkan semua mayat akan dibiarkan begitu saja tergeletak di tempat khusus yang bernama Seme Wayah. Dan setelah itu tugas anggota keluarga yang masih ada atau masih hidup cukup memagari jasad yang sudah mati dengan bambu dan kemudian menyimpan sesaji disampingnya.



Mayat Yang Busuk dan Tidak Berbau


Faktanya yang terjadi di Desa Terunyan adalah pada saat mayat di letakkan begitu saja di tempat terbuka sudah pasti akan mengeluarkan bau yang tidak sedap alias bau busuk, tetapi tidak berlaku untuk mayat mayat yang ada di desa Terunyan tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali.



Pohon Taru Menyan


Mungkin ada bertanya tanya kenapa tempat pemakaman mayat di Desa Terunyan kintamani tidak mengeluarkan bau karena adanya sebuah pohon yang konon pohon itu yang membuat area pemakaman tidak menjadi bau. Pohon yang ada di sekitar pemakaman itu bernama pohon Taru Menyan yang asal nama pohon Taru Menyan sendiri dari 2 suku kata yaitu taru yang berarti pohon dan menyan artinya harum. Sehingga kesimpulannya bahwa taru menyan itu adalah pohon yang harum sehingga dapat menetralisir bau busuk dari mayat yang ada di bawahnya.




Sejarah atau Kisah Misteri Pohon Terunyan yang Berusia Ribuan Tahun


Keunikan yang memiliki desa Terunyan yang berada di Kintamani, akan menyuguhi sebuah kisah atau misteri yang berdasarkan cerita rakyat serta fakta yang di dapati bahwa pohon taru menyan yang ada di area pekuburan yang diyakini usianya sudah ribuan tahun namun anehnya menurut masyarakat pohon tersebut dari dulu hingga sekarang tidak mengalami perubahan. Belum ada penelitian yang mampu memberi jawaban misteri ini mengapa pohon trunyan ini bisa menyerap aroma atau bau busuk mayat yang ada di desa kuno Bali tersebut. Desa Terunyan memililiki sejarah yang konon menurut legendanya dahulu kala ada 3 pangeran dan satu putri dari kerajaan dari pulau jawa yaitu kerjaan Surakarta dimana pada waktu itu mereka sangat tertarik dan penasaran dengan sesuatu yang baunya sangat harum yang menghampiri wilayah mereka. Hingga pada akhirnya mereka berempat memutuskan untuk mengembara mencari sumber bau harum tersebut. Ditengah perjalanan mereka terhenti tepatnya di kaki gunung batur sang putri ternyata tertarik untuk tinggal disana dan di putuskanlah untuk tinggal sendiri dan menetap disana, yang kemudian memiliki gelar Ratu Ayu Marketeg.




Mitos Pemakaman Desa Trunyan Bali


Keunikan dan daya tarik yang sungguh luar biasa yang kabarnya bahwa mayat yang ada ditempat pemakaman desa trunyan sene wayah dan konon katanya mayat orang mati semasa hidupnya baik dan berdosa akan berbeda dimana jika orang semasa hidupnya banyak berbuat baik makan mayat tersebut akan cepat membusuk dan menjadi tulang belulang. Begitu juga sebaliknya jasad mayat yang yang meninggal disana selama hidupnya di kenal kurang baik maka mayat tersebut tidak akan lama membusuknya. Percaya tidak percaya itu hanya mitos. Dan itulah yang menjadi daya tarik yang unik seputar sejarah desa Terunyan.



Harga Tiket Masuk Masuk Desa Trunyan Bali dan Biaya Sewa Boat dan Tiket Penyeberangan ke Desa Terunyan


Bagi anda yang akan melintasi danau Batur dengan durasi 20 - 30 menitan hingga tiba di lokasi. Sebelum anda menguji nyali dan menguji keberanian masuk ke komplek pemakaman kuno di desa Trunyan Bali, anda akan menikmati pesona keindahan yang luar biasa cantik dari atas danau batur. Berikut adalah harga tiket penyeberangan ke lokasi tempat pemakaman di Desa Trunyan Kintamani Bali: Rp. 1.000.000 maksimal 7 orang, Rp 900.000 Maksimal 4 orang, dan 750.000 maksimal 2 orang. Untuk harga tiket masuk ke desa Trunyan sudah termasuk kedalam harga sewa perahu dan tiket masuknya.



Fasilitas dan Akomodasi Wisata dekat Desa Terunyan


Bagi anda yang ingin berkunjung ke Desa Trunyan sangat di rekomendasikan fasilitas - fasilitas pendukung seperti hotel atau penginapan serta restaurant seperti Hotel Segara and Restaurant, Lakeview Ecolodge, Toya Devasya Natural Hot Spring & Camping Resort.



Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

March 25, 2019
Hotel Harris Riverview & Residence: Hotel Nyaman Keluarga
June 25, 2018
Tempat Makan Halal di Bali
January 8, 2019
Malibu Point Nusa Penida: Spot Sunrise, Diving dan Snorkeling
February 23, 2019
Objek Wisata Air Terjun Fiji Lemukih Bali
February 6, 2019
Objek Wisata Pantai Serenity Nusa Dua Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.