Objek Wisata Tampaksiring

August 1, 2018

Istana Tampak Siring adalah objek wisata yang menawarkan paduan perjalanan sejarah bangsa Indonesia dengan budaya Bali. Lokasinya terletak di desa Tampak Siring Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar. Berikut adalah informasi tentang objek wisata Tampaksiring Bali

Sejarah Istana TampakSiring

Konon istana Tampak Siring berdasarkan legenda tercatat pada Daun Lontar Usana Bali, yang namanya berasal dari bekas telapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa. Siapakah Maya Denawa? Berdasarkan kisah yang diyakini turun temurun bahwa Raja Maya Denawa adalah seorang yang sakti dan pandai namun dibalik kesaktiannya sang raja memiliki sifat dan sikap tidak baik layaknya pemimpin yang angkuh. Maya Denawa sering memposisikan dirinya sebagai seorang dewa dan raja khayangan dan memerintahkan seluruh rakyat untuk menyembah dirinya. Akibat sifat jahatnya Maya Denawa, dewa perang dan raja kahyangan Batara Indra marah dan mengirimkan bala tentaranya. Sang rajapun akhirnya lari dan masuk ke hutan untuk mengelabui pasukan batara indra yang mengejarnya. Untuk menyamarkan pelariannya ia pun berjalan dengan cara memiringkan telapak kakinya untuk menghilangkan jejak.

Sejarah Air Suci Tirta Empul

Maya Denawa membuat jebakan menciptakan mata air yang kemudian diracuni dan oleh karena perbuatannya banyak pasukan batara indra yang mati setelah mereka meminum air beracun tersebut. Nah dengan terjadinya peristiwa tersebut, Batara Indra pun kemudian menciptakan mata air penawar untuk menyelamatkan pasukannya dan mata iar itulah yang sekarang populer di Ubud dengan sebutan “Tirta Empul” atau air suci. Dan akhirnya Maya Denawa tertangkap oleh prajurit Batara Indra. Kawasan hutan yang dilalui oleh Maya Denawa dengan cara memiringkan telapak kaki inilah yang kemudian kawasan ini dikenal dengan nama Tampaksiring.

Daya Tarik Istana Tampak Siring Ubud

Tempat wisata yang menarik ini yang sangat menginspirasi menjadi alasan Tampaksiring menjadi tempat favorit wisata yang ramai yang menawarkan tempata bersejarah yang didalamnya terdapat istana Kepresidenan Pertama Indonesia. Yang uniknya dan berbeda antara istana tampak siring dengan istana lainnya adalah jika 5 istana dibangun pada jaman kolonialisme Belanda dan Istana Tampak Siring dibangun setelah Indonesia Merdeka. Istana Tampak Siring menjadi tempat favorit presiden pertama Indonesia Bung Karno sebagai tempat peristirahatannya di Bali sekaligus tempat untuk menjamu tamu - tamu kenegaraan.

Aktifitas Wisata di Tampak Siring

Tempat wista Tampak Siring menawarkan catata sejarah, riwayat dan fungsi gedung bersejarah yang pernah digunakan oleh presiden Republik Indonesi seperti Wisma Merdeka, para pengunjung bisa melihat beragam tempat atau ruang tidur istana kepresidenan seperti ruang tidur I, ruang tidur II Presiden, Ruang Tidur Keluarga, Ruang Tamu, serta ruang kerja dengan penataan yang rapi dan indah. Anda juga bisa menyaksikan hiasan - hiasan berupa patung serta lukisan - lukisan pilihan. Untuk bagian Wisma Istana Negara yang luasnya sekitar 1.476m2 yang digunakan sebagai tempat acara jamuan para tamu kenegaraan serta konfrensi. Pada Pura Tirta Empul anda bisa menikmati objek berada tepat dibawah Istana Tampak Siring dan terdapat sumber air suci “Tirta Empul” yang sering dijadikan tempat pemandian untuk mendapatkan keberkahan hidup yang dilakukan dengan cara mandi di kolam khusus yang dialiri oleh air Tirtal Empul. Untuk Harga tiket masuk kenakan tike sebesar Rp 15.000/orang

KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.

TRAVEL NOTES

July 16, 2018
7 Tempat untuk Menikmati Afternoon Tea di Bali
June 22, 2018
10 Tempat Wisata Ubud Terfavorit dan Wajib di Kunjungi
November 16, 2018
Ocean 27 Beach Club Bali
June 27, 2018
6 Tempat Wisata Kintamani Bali
November 5, 2018
Objek Wisata Pantai Gili Selang Karangasem

DESTINASI LAINNYA

Destinasi di Jimbaran/Uluwatu
Destinasi di Kuta/Legian
Destinasi di Nusa Dua/Tj.Benoa
Destinasi di Seminyak/Petitenget