Objek Taman Wisata Alam Sangeh Monkey Forest Bali

Sangeh monkey forest adalah tempat populer yang sangat disucikan bagi penduduk Bali yang menjadi habitat hidupnya ratusan ekor monyet yang tempatnya populer di sebut sangeh. Sangeh lokasinya berada di Desa Sangeh tepatnya di jalan Brahmana Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Sangeh adalah Objek Taman Wisata Alam yang sangat di rekomendasikan yang merupakan destinasi wisata unik untuk melihat monyet monyet lucu yang menggemaskan. Berikut adalah informasi lengkap tentang Objek Taman Wisata Alam Sangeh Monkey Forest Bali.


Sejarah objek wisata alam Sangeh monkey forest bali


Kawasan wisata sangeh ini dirintis pada tahun 1969 dan pada tahun 1971 taman wisata sangeh ini dikembangkan sebagai tempat wisata alam secara profesional dan dalam pembangunannya didapatkan dari tiket masuk taman yang dikenakan sukarela. Dan selanjutnya pada tanggal 1 Januari 1996 mulailah diberlakukan secara resmi Harga Tiket. Dengan dikeluarkannya Perda TK II Badung no 20 tahun 1995 yang dikelola dengan baik hingga sekarang.


Area hutan tempat habitat para monyet ekor panjang yang cukup jinak ini dikenal dengan hutan homegen yang memiliki luas sekitar 10 hektar yang terdapat banyak pala selain itu juga terdapat 54 jenis tanaman flora seperti amplas, pule, buni, cempaka kuning, pohpoh dll.



Pura yang ada di Sangeh Monkey Forest


Selain terdapat pala di Sangeh Monkey Forest juga terdapat pura peninggalan dari abad ke 17 yaitu pura Bukit Sari yang sejarahnya Pura di Desa Sangeh ini adalah bukti yang meiliki kaitan yang sangat kuat dengan sejarah kejayaan kerajaan mengwi pada masa itu. Dalam catatan sejarah Pura Bukit Sari yang berada di Sangeh Bali ini dibangun oleh Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti yang merupakan anak angkat cokorda Sakti Blambangan. Konon menurut cerita cikal bakal pura Bukit Sari ketika Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti melakukan pertapaan atau biasa disebut “Rare”.



Asal Usul Nama Sangeh


Menurut mitosnya yang diyakini bahwa kayu kayu atau Hutan Pala yang ada di sangeh ini berasal dari Kawasan Gunung Agung yang berjalan dan pada suatu waktu diceritakan berjalanlah pohon pohon pala ini dari arah Gunung Agung ke salah satu tempat yang ada di Bali namun pada perjalanannya pohon - pohon pala tersebut berhenti dan memutuskan sangeh yang menjadi lokasi objek wisata sekarang ini.



Daya Tarik Wisata Sangeh Monkey Forest Bali


Sangeh yang memiliki daya tarik begitu unik karena yang terdapat banyak monyet sebagai habitatnya didalam area yang luas yang memiliki cerita sejarah atau mitos yaitu Pohon Lanang Wadon sebuah nama yang diberikan untuk pohon pala yang besar yang pada batangnya jika diperhatikan dengan baik akan terlihat seperti bentuk kelamin pria dan wanita. Oleh karena itu pohon ini dijadikan simbol oleh warga sekitar sebagai pohon lanang wadon yang melambangkan pria dan wanita.


Terdapat pura yang sangat di sakralkan oleh umat hindu yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari dan terdapat ratusan ekor kera ekor panjang yang memiliki tingkah laku yang lucu dan bisa dibilang cukup jinak yang sedikitnya terdapat 600 ekor Kera Abu Ekor panjang. Dan untuk satwa Fauna selain kera terdapat 22 jenis satwa lainnya seperti burung elang, burung hantu, terocok, musang, kucing hitam, sendanglawe hingga alap - alap.


Diyakini monyet - monyet yang ada di sangeh monkey forest ini merupakan jelmaan prajurit putri yang memiliki membentuk koloni sendiri - sendiri dan memiliki pemimpin yang terbagi menjadi 3 kelompok Banjar yaitu bagian timur, tengah dan bagian barat. Dan uniknya lagi dari waktu ke waktu terjadi persaingan diantara kera pejantan untuk memperebutkan untuk menjadi penguasa. Untuk memperebutkan kekuasaan maka kelompok pemenang atau kelompok yang paling kuat biasanya akan menempati wilayah banjar tengah yang banyak menyimpan makanan.



Fasilitas Wisata di Sangeh Monkey Forest


Sangeh adalah kawasan Objek Taman Wisata Alam (OTWA) yang menyediakan fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Fasilita yang diberikan oleh Sangeh Monkey Forest ini yaitu Pusat Layanan Informasi, Pos Jaga, Jasa Foto, Pemandu Wisata, Tempat Penjualan Souvenir, Tempat Kuliner, Toilet/MCK, Tempat Parkir Kendaraan.



Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Objek Wisata Sangeh Monkey Forest


Harga tiket masuk Sangaeh Monkey Forest Dewasa Rp. 10.000 Anak Rp. 5000 Parkir mobil Rp. 5000 dan parkir motor Rp. 2000. Dan jam operasional Objek Taman Wisata Alam Sangeh Bali Monkey Forest buka setiap hari di mulai dari 07.30 hingga 18.00 WITA



Promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari rp. 299.000


Kami Baligetaway menawarkan promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari Rp. 299.000, Anda dapat menikmati liburan di Bali dengan akomodasi yang kami sediakan dan yang pasti kenyamanan menjadi prioritas utama serta fasilitas yang lengkap dari hotel hotel kami dan pelayanan yang maksimal. Untuk mendapatkan promo hotel murah di Bali anda silahkan daftar dan klik DISINI





Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

January 30, 2019
Sandy Bay Beach Club Bali Nusa Lembongan Bali
February 26, 2019
Tips Liburan ke Bali Yang Harus di Perhatikan
April 24, 2019
Menikmati Pertunjukan Budaya Spektakuler di Devdan Show
July 3, 2018
8 Tempat Wisata Uluwatu, Jimbaran, Ungasan
July 9, 2018
8 Tempat Wisata Keluarga di Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.