10 Rekomendasi Warung Masakan khas Bali yang Autentik

Setiap wisatawan yang berlibur ke Pulau dewata, selain menikmati pemandanghan alam dan budaya Bali yang unik, para traveler ini kebanyakan juga sangat antusias sekali dengan kuliner khas Bali yang menjadi salah satu daya tarik pulau ini. Warung Masakan Khas Bali memiliki beberapa ciri khas unik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain, seperti misalnya rujak kuah pindang, mujair nyatnyat dan nasi campur Bali yang didominasi oleh masakan berbumbu Rajang berwarna kuning yang dikenal dengan sebutan “Base genep” oleh masyarakat Bali. Berbicara tentang Kuliner, sekarang ini, para wisatawan lebih tertarik untuk mencicipi aneka “Street food” khas Bali dibandingkan dengan makanan yang disediakan oleh Restaurant mewah. Selain harganya yang murah, orisinalitas dari citarasanya yang dijaga turun temurun juga menjadi salah satu faktor warung – warung “street food” ini diburu oleh wisatawan. Berikut kami ulas beberapa Warung makanan khas Bali yang menyajikan makanan khas Bali yang melegenda dan sangat diburu karena sangat terkenal kelezatannya.


 

1. WARUNG MEN RUNTU


Pantai Amed Karangasem Bali

Warung ini terletak di Sanur, tepatnya di jalan sekuta. Tempat ini menyajikan penganan khas bali yaitu aneka varian Rujak Buah, Tipat Plecing, Tipat Cantok, Tipat Kuah, Rujak Bulung hingga mie rebus dan Soto Ayam. Warung ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan banyak sekali Youtuber maupun artis nasional sekelas Tamara blezinsky dan Dara The Virgin pun pernah mengun jungi warung makan kecil yang melegenda ini.

Ciri khas tempat ini adalah bumbu rujak yang diracik dengan “Sera” atau terasi bakar yang aromanya menggugah selera serta penggunaan cabai merah yang juga dibakar sebelum diulek. Tak heran, tempat ini sangat pas untuk kamu pecinta penganan pedas. Di era digital seperti sekarang, bahkan aneka makanan disini bisa dipesan melalui kurir online atau ojek online.



 

2. WARUNG NASI BALI MEN WETI




Kalau Berkun jung ke pantai Sanur melalui Jalan Segara ayu, setelah memarkir kendaraan untuk menuju ke pantai yang berpasir putih nan menawan, kamu akan menemukan sebuah pemandangan unik di sebelah kanan. Ada banyak sekali orang yang mengantri dan membentuk barisan menuju ke sebuah warung nasi kecil yang terdapat disana. Antriannya selalu didominasi oleh pengemudi ojek online yang mengambil pesanan. Namun apa yang membuat mereka sampai rela mengantri sedemikian lamanya? Yakk, jawabannya yaitu Nasi Bali Men Weti yang sangat terkenal dan melegenda. Nama warung ini diambil dari nama si pemilik warung yang tentu saja bernama Ibu Weti. Dan kata “Men” adalah sebutan untuk memanggil Ibu dalam bahasa Bali.

Warung ini menyajikan kuliner yang bisa dibilang sangat sederhana, hanya sepiring nasi campur dengan lauk ayam dan sayuran yang dibumbui bumbu kuning khas bali dan melaui proses pengolahan sedemikian rupa sehingga menghasilkan citarasa yang khas. Meski sederhana, namun konsistensi rasa dari tahun ke tahun dan selalu membuat para pelanggan nya puas. Tak hanya terkenal di kalangan masyarakat Bali itu sendiri, Warung Nasi ini juga sudah banyak di review oleh kalangan food traveler, food Blogger atau youtuber. Dan mereka tak pernah kecewa dengan rasa khas nasi bali Men weti.



 

3. WARUNG MAK BENG




Tak jauh dari lokasi Men runtu dan Men Weti diatas, Tempat makan yang satu ini masih Terletak di kawasan Sanur, tepatnya di pinggir pantai Sanur jika masuk dari jalan Hang Tuah. Ketika Melintas, kita langsung disuguhi aroma sedap dari masakan di tempat ini. Primadona di Warung mak Beng ini adalah Sup kepala ikan khas Bali yang sangat aromatik. Bumbu kuah nya menggunakan bumbu Rajang bali, dengan citarasa segar karena ditambah potongan timun dan perasan jeruk nipis.

Biasanya satu paket nasi disajikan dengan semangkuk sup kepala ikan, dan sepotong ikan goreng. Selain rasa yang mantap, harga yang ditawarkan juga relative terjangkau sehingga tak heran mulai masyarakat lokal sampai turis mancanegara pun sangat senang makan di tempat ini.



 

4. WARUNG NASI LIKU




Kuliner wajib yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bali adalah Nasi betutu. Ayam bumbu kuning yang dimasak secara utuh serta tambahan sambel matah dan kacang goreng ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, dan Bali pada khususnya. Meski Banyak sekali Restoran dan warung yang menjual menu ini di Bali, Namun tak semuanya memiliki autentisitas dan rasa orisinil. Salah satu warung yang menyediakan menu nasi ayam betutu terbaik di Denpasar adalah Warung Betutu Liku.

Warung ini memiliki ciri khas yang tidak ditemukan pada warung Nasi betutu lain di Bali, yaitu ayam yang digunakan akan dipanggang terlebih dahulu sebelum diolah menjadi betutu. Sehingga aroma gurih yang timbul dari pembakaran serta bumbu yang melimpah membuatnya sangat menggugah selera. Warung ini sudah memiliki beberapa cabang seperti Sanur, Nusa Dua, dan di Jalan nakula kuta sehingga tak susah menemukan nya.



 

5. WARUNG IKAN BAKAR BECOL




Bagi kalian yang berada di Bali atau sedang menghabiskan liburan di Bali, kali ini Kami menghadirkan info satu tempat makan seafood yang enak dan murah meriah di kawasan Denpasar Selatan. Ketika berbicara soal hidangan laut dan ikan bakar, maka pikiran kita biasanya akan langsung tertuju pada Jimbaran. Namun selain di likasi jimbaran, ternyata ada Warung kecil yang menjual ikan bakar dengan lokasi yang lebih dekat dari Denpasar dan pastinya dengan rasa yang sangat enak dan harga yang lebih bersahabat dengan isi kantong, terutama bagi para backpacker.

Tempat ini bernama Warung Becol, berlokasi di kawasan dekat Pantai di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, searah dengan objek wisata mangrove forest. Dari penampilannya, warung Becol ini tergolong warung yang sangat sederhana namun warung ini selalu ramai dan padat pengunjung. Selain Menu Ikan Bakar, Warung ini juga menyediakan kepiting, Cumi, udang dan aneka seafood lain yang di olah dengan bumbu bali serta bumbu lain seperti asam manis dan kuah santan. Pokoknya tidak ada ruginya mencoba bersantap ke tempat ini, lidahmu dijamin akan dimanjakan dengan aneka seafood yang sekali lagi sangat ramah di kantong.



 

6. WARUNG BABI GULING SELINGSING




Berbicara tentang Babi guling, tentu saja bagi Negara yang mayoritas muslim seperti Indonesia seperti agak tabu. Namun kalau di Bali, hamper berbagai sudut jalanan menyajikan kuliner babi guling ini. Warung Babi guling selingsing adalah salah satu tempat makan babi guling terfavorit di Bali yang sedang ramai dibicarakan, bahkan banyak food blogger dan youtuber ramai ramai mereview tempat makan ini. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati kuliner babi guling di malam hari hingga tengah malam.

Meskipun jaraknya agak jauh dari Denpasar, dan akses masuknya hanya sebuah gang sempit yang tidak bisa dilalui oleh mobil, namun hal ini tidak menyurutkan niat para pemburu kuliner untuk menikamti sedapnya sepiring nasi babi guling di warung ini. Satu porsi babi guling terdiri dari daging babi iris, kulit babi guling renyah nan gurih, kerupuk jeroan, sayur dan lawar serta taburan bumbu kelapa goreng di nasinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat proses pengolahan nya babi guling secara langsung di sini.



 

7. WARUNG MUJAIR NYAT NYAT PAK BAGONG




Danau Batur, Sangat terkenal akan keindahan panoramanya yang luar biasa, selain karena memang berada di kawasan lereng gunung batur, tempat ini memang merupakan daerah yang sangat subur. Tak heran di dalam danaunya sendiri hidup beraneka macam komoditi ikan air tawar yang biasa dikonsumsi masyarakat sekitar. Inilah alasan mengapa salah satu kuliner khas Kintamani yang sangat terkenal kelezatan nya adalah Mulair nyatnyat.

Berbicara mengenai mujairt nyatanyat, ada satu warung di daerah kinatamani ini yang tidak pernah sepi pengunjung. Meski tergolong rumah makan yang kecil dan sederhana dan di dalamnya pun tidak terdapat ornament atau interior yang mewah, Namun daya tarik mujair nyatnyat di daerah ini sangatlah ajaib. Bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa saja, namun dari kalaangan pejabatpun mondar mandir berkunjung ke tempat makan ini.



 

8. NASI AYAM KEDEWATAN IBU MANGKU




Tempat ini tentu saja sudah tak asing lagi di kalangan pemburu kuliner Bali. Kalau ke Bali dan mau mencari makanan yang halal, kami merekomendasikan untuk mencicipi nasi ayam kedewatan Bu Mangku ini. Selain di Ubud, mereka membuka cabang juga di Denpasar dan Seminyak, sehingga lebih mudah dijangkau. Warung ini hanya menyediakan menu nasi campur khas Kedewatan, Ubud. Namun demikian, warung ini nampaknya tak pernah sepi pengunjung dari mulai pagi sampai malam.
Yang menjadi khas dan membedakan nasi campur disini dengan tempat lain di Bali yaitu sambalnya yang khas. Masyarakat bali biasa menyebut dengan istilah sambal “embe” atau bawang goreng dan cabai iris yang di campur sedikit terasi dan beberapa bumbu pelengkap lainnya yang membuat sambal ini menjadi senjata pamungkas di nasi campur Ibu mangku ini. Sepiring nasi campur ini juga tergolong hemat di kantong, untuk makan 2 orang, kita hanya merogoh kocek kurang dari 50 ribu.



 

9. WARUNG SATE LILIT TEPI LEBIH




Sate lilit ikan, merupakan salah satu makanan khas Bali, terutamadi Pantai Lebih Gianyar Bali, yang kami rekomendasikan untuk yang mencari makanan halal. Satu paket makanan yang ditawarkan disini terdiri dari nasi, sop kepala ikan, bakso ikan, pepes,sambal matah dan sayur plecing kangkung. Sementara untuk harga sangat terjangkau, satu paket hanya 15 - 25 ribu rupiah saja. Dari paket diatas, yang unik yaitu terdapat pada nasinya, tak seperti nasi yang disajikan pada umumnya, nasi disini dicampur dengan menggunakan ubi atau masyarakat Bali biasa menyebut dengan istilah “Nasi sele”.

Citarasa nasi ini sangat unik, karena ada tambahan manis dari ubi yang sangat pas ketika dipadukan dengan sate lilit dan kuah bakso ikan yang segar dan berbumbu kuat. Jika kita berkendara dari arah Denpasar, maka kita akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam jika melewati jalan bypass Ida Bagus Mantra. Namun perjalanan tak akan begitu terasa karena sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan pantai sanur dan pantai keramas. Ketika sampai dan menikmati makanan pun, pemandangan Samudra hindia yang biru pun turut menemani santap kita.



 

10. AYAM GULING SENGGOL GIANYAR




Ayam betutu dan Babi guling, Mungkin sudah akrab terdengar di telinga para pecinta kuliner. Namun Taukah kamu kuliner ayam guling? Ya, makanan khas gianyar ini memang agak susah dijumpai di daerah lain selain tempat asalnya. Karena itulah, para pecinta kuliner rela jauh jauh datang demi sepiring Nasi ayam guling yang banyak di jajakan di area Senggol Gianyar ini. Menu ayam guling sendiri terbilang cukup unik karena pengolahan nya sendiri mirip dengan babi guling, yaitu ayam utuh yang di dalam perutnya diisi dengan daun singkong yang sudah dibumbui9 terlebih dahulu.

Sebelum di guling, bagian luarnya juga dilumuri dengan bumbu khas bali. Karena bagian luar dan dalam dibumbui, tak heran citarasa ayam guling ini sangatlah menakjubkan, semua bumbu sangat meresap bahkan sampai ke tulang. Untuk penyajian nya sendiri, Seporsi nasi ayam guling ini hamper mirip dengan penyajian ayam betutu, yaitu dilengkapi dengan sayur dan kacang tanah goreng.

 

PROMO HOTEL BALI MURAH UNTUK 3 MALAM MULAI DARI RP. 499.000



Kami Baligetaway menawarkan promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari Rp. 499.000, Anda dapat menikmati liburan di Bali dengan akomodasi yang kami sediakan dan yang pasti kenyamanan menjadi prioritas utama serta fasilitas yang lengkap dari hotel hotel kami dan pelayanan yang maksimal. Untuk mendapatkan promo hotel murah di Bali anda silahkan daftar dan klik DISINI

 

Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

February 12, 2018
WATERBOM BALI
July 19, 2018
Tempat Wisata anak di Bali
October 17, 2018
Tempat Nongkrong Asyik di Vue Beach Club Bali
November 14, 2018
Azul Beach Club Legian Bali
October 31, 2018
Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.