10 AIR TERJUN TERSEMBUNYI DI KAWASAN BALI BARAT

Bali Barat Menyimpan berbagai kekayaan alam melimpah termasuk tempat wisata yang menakjubkan. Meski belum banyak dikunjungi wisatawan, namun beberapa daya Tarik wisata di daerah bali barat juga tidak kalah dengan yang dimiliki bali bagian timur. Salah satu daya Tarik yang selalu jadi primadona adalah Air terjun nya. Ada banyak sekali Air terjun yang bisa dinikmati di daerah Bali barat yang meliputi Negara dan buleleng yang mungkin agak asing di telinga karena memang belum banyak orang tau.

Namun Beberapa Air terjun Dibawah ini bisa jadi Referensi liburan anda jika bosan dengan tempat wisata di Bali bagian timur dan selatan.


Air Terjun Gitgit


Air Terjun ini terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Berjarak Hanya tujuh kilometer ke arah selatan Dari kota Singaraja menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air Terjun yang Memiliki ketinggian ± 35 meter ini sangat asri dan memiliki panorama yang sangat indah dan menenangkan karena berada di lingkungan  berhawa sejuk. Turun dengan jalan kaki setelah melewati tempat parkir Gitgit, beberapa pemuda lokal yang di organisir oleh desa adat setempat menawarkan jasa mengantar para wisatawan menuju Air Terjun Gitgit. Di sepanjang perjalanan terdapat pemandangan sawah dan beberapa took souvenir tempat membeli barang  unik sebagai Oleh oleh seperti kain, patung, lukisan, ukiran dll. Meskipun dari tempat parkir jaraknya cukup jauh dan hanya bias ditempuh dengan berjalan kaki, namun pemandangan alam dan suasana yang didapat sangatlah sepadan.



Air Terjun Sekumpul


Air Terjun Sekumpul merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Terletak ditengah kawasan perbukitan yang rimbun nan hijau, Air terjun ini memiliki pesona dan daya Tarik wisata yang luar biasa. Nama dari sekumpul sendiri artinya adalah kumpulan, karena air terjun ini ada lebih dari 1 air terjun. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan beberapa aliran yang menyembur, Selain nama Sekumpul, Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Gerombong oleh warga sekitar.


Karena ketinggianya, air terjun ini dapat kita nikmati dari kejauhan sebelum kita masuk kedalam area air terjun. Nampak 2 buah air terjun yang jatuh dan sumber dari air terjun yang tertutup rimbunya pepohonan hijau yang menutupi permukaan bukitnya. 2 air terjun yang berdekatan ini mempunyai karakter dan asal yang berbeda, yang pertama air terjun ini mempunyai bentuk air terjun yang mengalir tunggal seperti air terjun yang sering ditemui dan berasal dari sebuah mata air pegunungan.


Yang ke dua mempunyai ketinnggian yang lebih tinggi dari air  terjun yang pertama, mempunyai bentuk air terjun yang berjuntai bak kelambu serta berasal dari aliran sebuah sungai. Jadi pada waktu musim penghujan. Air terjun yang pertama air terjun tetap dalam keadaan jernih, sedangkan air terjun yang kedua akan berwarna coklat keruh. Ketika Berada disini, seketika rasa lelah dan capek seakan sirna karena panorama dan suasana yang luar biasa menenangkan dan memanjakan jiwa anda.



Air Terjun Melanting


Objek Wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang berada di  Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Objek Wisata Air Terjun Melanting di Banjar Buleleng Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Meskipun tidak se terkenal air terjun sekumpul, namun daya Tarik nya sangatlah menawan dengan panorama yang masih asri dan sejuk.


Objek Wisata Air Terjun Melanting di Banjar Buleleng Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Buleleng tidak mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Melanting di Banjar Buleleng Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.



Air Terjun Singsing


Air terjun yang satu ini berada tidak terlalu jauh dari kawasan paling popular di singaraja yaitu Lovina. Hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat wisata pantai Lovina, Kata singsing dalam nama air terjun ini bukan berasal dari Bahasa Inggris yang berarti nyanyi. Karena masyarakat setempat pun tak mengetahui asal muasal dari nama air terjun tersebut. Meski demikian Air Terjun Singsing merupakan salah satu destinasi favorit pilihan wisatawan.


Meskipun Akses nya Agak susah untuk dijangkau karena jalan masuk menuju Air terjun ini agak susah dilalui Mobil, Namun Keindahan yang ditawarkan Air Terjun Singsing cukup membuat para pengunjung rela bersusah payah untuk menjangkaunya. Ketinggian Air Terjun Singsing mencapai 12 meter dengan kedalam kolam mencapai 3 meter. Untuk sampai ke air terjun, anda harus melewati jalan setapak sejauh 600 meter dan bertemankan pemandangan kebun penduduk yang hijau dan asri. Sementara jarak antara air terjun yang pertama dengan yang kedua sekitar 100 meter dan untuk mencapainya harus melewati tebing yang agak terjal.


Setelah itu anda harus melewati tangga berbatu dan terjal yang berada di sebrang sungai. Di Air Terjun Singsing yang kedua ini ketinggian air terjunnya dua kali lipat dibandingkan Air Terjun Singsing yang pertama. Sementara di tengah kolam Air Terjun Singsing yang kedua terdapat batu besar yang membuat aliran air terjun seolah menjadi dua. Meskipun perjalanan untuk mencapainya agak melelahkan, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh sangat sepadan. Anda tidak akan menyesal jika berkunjung kesini.



Air Terjun Yeh Mempeh (Les)


Air Terjun Yeh Mempeh atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Les merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya yang memukau. Penduduk lokalnya sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.


Wisata Air Terjun Yeh Mempeh (Les) di Tejakula Buleleng Bali memiliki tinggi sekitar 30 meter. Wisata Air Terjun Yeh Mempeh (Les) di Tejakula Buleleng Bali dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dengan latar belakang perbukitan yang asri. Air terjun Les, bagi masyarakat lokal lebih familiar dengan nama air terjun Yeh Mempeh. Yeh Mempeh dalam bahasa Bali setempat memiliki arti air yang terbang. Wisata Air Terjun Yeh Mempeh (Les) di Tejakula Buleleng Bali ini dengan air tawar yang sangat segar dan jernih sekali.


Untuk mencapai lokasi dari air terjun Yeh Mempeh dari tempat parkir mobil, pembaca harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer, melewati semak-semak dan pepohonan hijau rimbun. Meskipun agak jauh dan susah dicapai, namun keindahan luar biasa yang ditawarkan sangatlah sepadan dan anda tidak akan ingin beranjak setelah sampai di tempat ini.



Air Terjun Juwuk Manis


Di antara semua air terjun yang ada di jembrana, air terjun juwuk manis merupakan air terjun yang paling populer. Pemerintah jembrana sedang gencar-gencarnya mempromosikan objek wisata ini. Walaupun air terjun ini tidak setinggi yang ada di bali utara atau timur, namun air terjun ini memang unik, pada saat musim kemarau di mana debit airnya kecil air terjun ini akan menjadi dua yang berdampingan, akan tetapi jika pada musim hujan debit air yang mengalir pada air terjun ini akan besar.


Di bawah tempat jatuhnya air terdapat kolam kecil untuk mandi ataupun bermain air dengan air yang segar dan jernih. Lokasi air Terjun Juwuk manis berada di Banjar Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Air Terjun Ini Dapat dicapai Sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Denpasar atau sekitar 72 Km Berkendara.



Air Terjun Yeh Mesehe


Ada yang mengatakan air terjun mesehe merupakan air terjun tertinggi yang ada di pulau bali. Namun Kebenarannya masih belum bisa dibuktikan. Air terjun ini berada di kawasan gunung mesehe, Kabupaten Jembrana, sehingga air terjun ini diberi nama Sesuai dengan nama gunung Tersebut. Jika kita melihat air terjun ini dari dari bawah, maka bagian atasnya tidak akan kelihatan karena saking tingginya, apalagi suasana bagian atas air terjun berkabut. Debit air yang mengalir di air terjun Mesehe tidak terlalu besar, tetapi air terjun ini sangat tersembunyi di dalam hutan belantara.


Akses untuk mencapainya sangatlah menantang, Tidak mengherankan jika warga sekitar menyebut air terjun meseha sebagai air terjun dunia maya, karena air terjun ini kadang bisa ditemukan dan kadang tidak bisa. Dari jauh, atau dari pusat kota Negara, Air terjun ini bisa terlihat samar samar seperti sebuah garis putih panjang diantara Gunung mesehe.



Air Terjun Bidadari


Air Terjun Bidadari dikenal juga dengan nama Air terjun sawe. Ini merupakan salah satu air terjun yang dekat dengan ibu kota kabupaten jembrana. Air terjun ini berada di aliran sungai atau tukad sawe. Tempat ini adalah spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto karena memiliki pemandangan yang Indah dan asri, dengan airnya masih bersih dan jernih karena memang belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga sangat tepat rasanya untuk anda menghabiskan liburan disini dengan mandi, berendam,  atau sekedar bermain air. Wisata Air Terjun Bidadari atau Sawe berada di Jalan Sawe Rangsasa, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Aksesnya tidak terlalu susah dijangkau seprti halnya Air terjun Yeh Mesehe.



Air terjun Dewasana


Air terjun Dewasana merupakan air terjun yang masih alami dan asri, merupakan air terjun terdekat dari pusat kota negara dan berjarak hanya sekitar 4 km. Untuk menuju lokasi air terjun kita akan menyusuri ladang milik warga setempat. Lokasi air terjun dewasana berada di Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem, Jembrana. Meskipun aliran air terjun ini tidak setinggi Air terjun juwuk manis dan yeh mesehe, namun pesona dan kealamian objek wisata ini sangatlah pantas dijadikan salah satu destinasi wisata baru di bali.


 width=

Air Terjun Grojogan


Air terjun Grojogan atau air terjun yeh buah memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan karakteristik hampir sama seperti air terjun juwuk manis. Pada musim hujan air terjun ini sangat besar karena debit air yang dialirkan sangat besar dari air hujan. Air terjun ini belum populer dikalangan para Wisatawan atau traveller. Untuk menuju lokasi air terjun kita harus melewati jalan setapak dengan medan agak ekstrem yang naik turun. Lokasi air terjun ini berada di Banjar Yeh Buah, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana.


 width=

Promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari rp. 299.000


Kami Baligetaway menawarkan promo hotel bali murah untuk 3 malam mulai dari Rp. 299.000, Anda dapat menikmati liburan di Bali dengan akomodasi yang kami sediakan dan yang pasti kenyamanan menjadi prioritas utama serta fasilitas yang lengkap dari hotel hotel kami dan pelayanan yang maksimal. Untuk mendapatkan promo hotel murah di Bali anda silahkan daftar dan klik DISINI





Promo image
KAMI BANTU MEWUJUDKAN LIBURAN IDEAL ANDA.
Lengkapi formulir berikut.
Berapa peserta yang ikut?

Rekomendasi Wisata

April 6, 2019
Rekomendasi Hotel Dekat Bandara Bali
December 6, 2018
19 Tempat Wisata Baru di Bali 2019 Hits dan Instagramable
September 14, 2018
Wisata Pantai Jimbaran Bali
March 1, 2019
Penasaran Liburan Nyepi di Bali Gimana? Ini dia Tipsnya
March 13, 2019
Hotel Atanaya Kuta: Akomodasi Nyaman di Kuta Bali

"Bali - Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2019 Oleh Trip Advisor"

Bali dinobatkan sebagai tempat berlibur terbaik dunia 2019 oleh Tripadvisor.Pulau Bali menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan mereka yang membutuhkan sedikit relaksasi, dengan pantai pasir putihnya, banyaknya hiburan keluarga, dan budaya yang kuat.

Penghargaan ini membuat Bali menjadi kota Asia pertama yang mendapatkan titel ini mengalahkan kota dunia lainnya seperti London, Paris, Roma, New York, Barcelona dan Phuket yang termasuk sepuluh besar destinasi terbaik versi Tripadvisor.